Exhibition atau pameran saat ini kerap dipakai sebagai salah satu alat pemasaran dan penjualan bisnis yang cukup efektif. Namun, dalam menyelenggarakan exhibition, sebaiknya dipersiapkan secara detail dan profesional.

Di pameran atau exhibition, kemungkinan besar bisa menjadi tempat bertemu para calon klien atau mitra bisnis potensial dari dalam negeri maupun luar negeri. Bahkan, tidak sedikit pebisnis yang menemukan investor untuk mewujudkan ide cemerlang selanjutnya

Maka itu, memastikan kesuksesan sebuah exhibition sangat bergantung pada bagaimana Anda mempersiapkan, merencanakan, dan menyusun strategi sebelum acara digelar. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda menyelenggarakan exhibition yang gemilang.

1. Tetapkan Rencana Secara Rinci

Pameran atau exhibition tidak sekedar mencakup kios, stand atau booth di pameran. Tetapi, ada banyak rencana A ke Z yang harus dirinci. Antara lain:

  • Berapa kisaran biaya anggaran?
  • Apa yang membuat pengunjung tertarik mengunjungi pameran Anda?
  • Apakah Anda harus menciptakan kesadaran merek (branding awareness) secara umum atau menampilkan hanya satu produk/ jasa?
  • Apakah tersedia materi promosi/ penawaran yang disesuaikan dengan acara?

 

2. Dukungan Tim Terbaik

Kehadiran tim manajemen di pameran yang mewakili perusahaan Anda akan sangat penting. Oleh karena itu, sebaiknya pastikan tim yang terbentuk memiliki pengetahuan tentang merek dan produk/ jasa secara detail.

Selain itu, tim ini juga harus ramah, komunikatif, sopan dan menarik secara penampilan. Direkomendasikan agar setiap booth atau stand yang ada setidaknya memiliki 1 – 2 orang sales terlatih yang dapat mempromosikan brand dengan baik, selain menjawab pertanyaan atau memberikan informasi pada pengunjung.

3. Membuat Stand Menarik

Stand pameran akan berdampak besar pada bagaimana pengunjung melihat perusahaan. Selain para tim yang ramah dan interaktif, stand harus menarik secara visual agar bisa memikat para pengunjung.

Memiliki stand atau booth yang dirancang dengan ahli dan profesional akan menjadi ide yang baik agar booth tampil maksimal di exhibition.

4. Pemasaran Adalah Yang Terpenting

Exhibition dan pemasaran adalah dua hal yang tak terpisahkan. Gunakan berbagai materi promosi untuk mengoptimalkan marketing produk Anda. Misalnya mencetak kartu nama, brosur, kaos, atau memposting di halaman media sosial, situs web, dan lainnya.&nbsp;</p>

Pemasaran di sebuah exhibition bisa sangat luas cakupannya untuk brand Anda. Jadi, jangan ragu untuk berkreasi dan berinovasi. Untuk memberikan nilai tambah bagi pengunjung, Anda juga bisa membuat acara games atau kontes berhadiah agar memperkuat kesan brand yang melekat dalam ingatan pengunjung.

Tentunya, setiap bisnis memiliki kriteria yang unik dalam setiap exhibition yang berbeda. Itulah sebabnya, Agi Event memberikan solusi kepada perusahaan untuk mengurus kebutuhan exhibition mereka. Kontak kami untuk informasi lebih lanjut.